Laman

Selasa, 16 November 2010

overview ...



   Financial Markets and Intermediaries
        
Pasar Keuangan adalah pasar dalam perekonomian yang membantu untuk mencocokkan menyelamatkan seseorang dengan investasi orang lain. Dimana orang yang membutuhkan kredit (uang) bertemu dengan orang dapat memberikan kredit (uang).Sistem keuangan terdiri dari lembaga-lembaga yang membantu untuk mencocokkan antara seseorang yang ingin menyimpan uangnya dengan seseorang yang ingin menginvestasikan uangnya. Didalam system keuangan juga terdiri dari lembaga keuangan yang mengkoordinasikan antara penabung dan peminjam  lembaga keuangan dapat dikelompokkan dalam dua kategori yang berbeda yaitu pasar keuangan( pasar modal) dan perantara keuangan seperti bank.
·         Perantara keuangan  è   Bank
            Bank menerima simpanan dari orang-orang yang ingin menyimpan dan menggunakan pinjaman kepada orang lain yang ingin meminjam. Bank juga membayarkan bunga deposito nasabah dan memberikan tingkat bunga yang lebih tinggi kepada peminjam dari pada penabung.
·         Perantara Keuangan è   Mutual Funds
            Mutual fund adalah sebuah lembaga yang menjual saham kepada masyarakat dan menggunakan hasilnya untuk membeli portofolio, seperti berbagai saham, obligasi atau keduanya.
·         Pasar Obligasi
 Obligasi merupakan sertifikat hutang yang menentukan kewajiban peminjam bagi pemegang obligasi.
 Karakteristik hubungan :
            - Jangka: lamanya waktu hingga jatuh tempo.
            - Risiko Kredit: probabilitas bahwa peminjam akan gagal untuk membayar sebagian dari                bunga atau prinsip.

·         Pasar Saham
 saham merupakan kepemilikan dalam perusahaan, sehingga pemilik telah mengklaim keuntungan yang membuat perusahaan.
 penjualan saham menyimpulkan "pembiayaan ekuitas" tapi menawarkan risiko baik yang lebih tinggi dan potensi laba yang lebih tinggi.
 Pasar di mana saham diperdagangkan:
- Bursa Efek Jakarta
- New York Stock Exchange


    Saving and Investment

Saving and Investment merupakan tabungan dan investasi dalam akun pendapatan nasional. Sesuai dengan rumus Pendapatan Nasional (GDP) yaitu  Y= G + I + C (X-M) maka rumus National Saving (S) adalah Y - C - G =  S atau S = (Y - T - C) + (T - G). T = Taxes (Pajak). 
Bagi perekonomian secara keseluruhan, Tabungan harus sama dengan Investasi
( S = I ).

Saving dibagi menjadi dua yaitu,
·         Private Saving : Jumlah pendapatan yang didapatkan setelah membayarkan bajak dan konsumsi. Private Saving = (Y-T-C)
·         Public Saving : Jumlah penerimaan pajak setelah pemerintah membayar pengeluaran perusahaan. Publik Saving = (T-G)



   Market for Loanable Funds

          Dana pinjaman mengacu pada semua pendapatan orang yang telah memilih untuk menyimpan atau meminjamkan dari pada digunakan untuk konsumsi. Penyediaan dana pinjaman berasal dari orang-orang yang memilki pendapatan tambahan yang mereka ingin simpan ataupun dipinjamkan. Sedangkan permintaan dana pinjaman berasal dari rumah tangga dan perusahaan yang ingin meminjam untuk melakukan investasi.Tingkat bunga yang diberikan ditentukan oleh penawaran dan permintaan dana pinjaman. Tingkat bunga yang di pasar untuk dana pinjaman adalah tingkat bunga riil. Keseimbangan antara penawaran dan permintaan dana pinjaman untuk menentukan tingkat bunga riil. Pasokan dan permintaan dana pinjaman bergantung pada tingkat bunga riil. Gerakan untuk keseimbangan adalah proses penentuan tingkat bunga riil dalam perekonomian. Menyimpan merupakan penyediaan dana pinjaman, sedangkan investasi merupakan permintaan .




Government Policies that Effect The Economy’s Saving and Investment

Kebijakan yang mempengaruhi pasar dana pinjaman         :

·         Pajak dan Tabungan
            Pajak atas pendapatan bunga secara substansial mengurangi hasil tabungan saat ini dan masa depan, sebagai akibatnya  dapat mengurangi insentif untuk menghemat. Jika dalam hukum pajak terjadi perubahan maka akan mendorong tabungan yang lebih besar, tingkat suku bunga rendah dan tingkat investasi akan lebih besar.

·         Pajak dan Investasi
          Sebuah investasi kredit pajak akan meningkatkan insentif untuk meminjam. Jika perubahan Undang-Undang perpajakan mendorong investasi yang lebih besar, maka hasilnya akan lebih tinggi dan tingkat suku bunga tabungan akan lebih besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar