Laman

Rabu, 17 November 2010

ANALISIS JURNAL

TEMA
Pengaruh Suku Bunga dan likuiditas
JUDUL
Pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Tingkat Likuiditas Perusahaan terhadap Risiko Investasi Saham yang terdaftar pada Jakarta Islamic Index
PENGARANG
Makaryana
FE Universitas Negeri malang

Misbachul Ulum
Alumni Universitas Negeri Malang

TAHUN
Maret 2009

LATAR BELAKANG
Kebanyakan masyarakat kita menyebutkan bahwa investasi sebagai sesuatu yang mahal dan penuh risiko. Padahal beberapa jenis investasi mudah dilaksanakan bagi sebagian masyarakat kita. Jenis investasi yang sudah berkembang dan sudah banyak dilakukan di hampir seluruh Negara di dunia ini adalah pasar modal. Salah satu instrument investasi pada pasar modal adalah saham.
Perdagangan saham saat ini telaha mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini karena adanya kemajuan teknologi dan informsi yang telah membantu di pasar modal. Setiap investor dapat melakukan investasi dengan mudah dan dengan tanpa harus datang ke tempat investasi. Jadi perputaran modal dalam suatu Negara tidak hanya berasal dari investor dalam negeri tetapi juga  berasal dari investor asing.

MASALAH
Jika suatu kejadian direspon positif oleh para pelaku pasar maka hal ini akan membawa dampak yang baik pula dalam transaksi di pasar modal. Namun. Lain halnya jika suatu kejadian di respon negative, maka hal ini juga akan berimbas kurang baik dalam pasar modal.
Krisis ekonomi di Inndonesia tahun 1997 menyebabkan banyak investor mengalami kerugian besar. Hal ini tercermin dari  harga-harga saham yang menurun tajam. Hal ttersebut mengindikasikan bahwa instrument dalam pasar modal mengandung unsur ketidakpastian dan ttermasuk di dalamnya adalah saham.
TUJUAN
Agar investor memahami secara pasti bahwa dalam berinvestasi ada potensi mendapat keuntungan dan juga potensi menderita kerugian. Hal yang harus dilakukan oleh seorang investor adalah memaksimalkan tingat return yang diperoleh dan meminimalkan potensi risiko yang akan terjadi.

METODE PENELITIAN
Penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian eksplanasi (eksplanasi research). Penelitian ini berusaha untuk mengetahui hubungan antara dua variabel bebas, yaitu tingkat suku bunga (X) dan tingkat likuiditas perusahaan (X) terhadap risiko investasi (Y) yang merupakan variable terikat.
BAGAN.jpg
Populasi dalam penelitian ini adalah semua saham perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index (JII) mulai tahun 2004 hingga Desember 2007, yaitu 54 perusahaan. Dan penentuan sampel mmenggunakan purposive sampling.
Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif, dengan sumber data sekunder. Mengacu pada jenis data yang hendak dikumpulkan dalam penelitian ini, maka teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi.

HASIL DAN PEMBAHASAN
Setelah dilakukan analisis uji normalitas dan asumsi klasik terhadap data yang digunakan dalam penelitian ini maka dapat diketahui bahwa data yang digunakan dalam analisis memiliki distribbusi yang normal dan memenuhi persyaratan uji asumsi klasik.
Secara teotitis hubungan antara tingkat suku bunga dengan pasar modal adalah negative atau berbanding terbalik. Apabila tingkat suku bunga naik, akan mengakibatkan pasar modal mengalami penurunan dan dan sebaliknya apabila tingkat suku bunga turun, akan mengakibatkan pasar modal mengalami kenaikan.
Kemudian jika di hubungkan dengan konsep investasi yang menyebutkan “High Return High Risk, Low Return Low Risk”. Maka ketika tingkat suku bunga tinggi akan mengakibatkan harga saham turun dan jika harga saham turun maka akan mengakibatkan risiko investasi juga rendah.
Tidak terdapatnya pengaruh yang signifikan antara variable tingkat likuiditas perusahaan terhadap risiko investasi mengidentifikasikan bahwa likuiditas pada sampel perusahaan yang aktif dalam JII selama periode pengamatan tidak dapat diperhitungkan terhadap pembentukan risiko investasi atas saham.

KESIMPULAN
Tingkat suku bunga yang ditunjukka oleh tingkat suku bunga SBI sebagai tingkat kenaikan bunga bebas risiko terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap risiko investasi.
Tingkat likuiditas perusahaanyang ditunjukkan oleh rasio lancer tidak berpengaruh signifikan terhadap risiko investasi.

SARAN
Untuk para investor yang hendak menanamkaan modalnya di pasar modal sebaiknya memperhatikan tingkat suku bunga SBI yang dikeluarkan oleh BI sebab dalam penelitian ini terbukti bahwa tingkat suku bunga berpengaruh terhadap risiko investasi.
Double Brace: JURNAL INI DI ANALISIS OLEH 
YESSY RATNA HAPSARI
24209496



Tidak ada komentar:

Posting Komentar