Laman

Minggu, 07 November 2010

Preferensi (Selera Konsumen)


Dalam ekonomi, kita telah belajar bahwa harga adalah faktor utama pada kuantitas yang diminta. Banyak keputusan dan hasil sering kali tergantung hanya pada harga barang dan jasa. Namun, bagian-bagian waktu memungkinkan faktor lain selain harga untuk mempengaruhi permintaan secara signifikan. 
Faktor-faktor ini disebut faktor-faktor penentu permintaan dan mereka termasuk selera konsumen dan preferensi, ukuran pasar , pendapatan, harga barang-barang yang berhubungan, dan harapan konsumen.

Perubahan salah satu dari tesis penentu dapat menyebabkan perubahan dalam keseluruhan permintaan suatu barang atau jasa. Perubahan selera konsumen dan preferensi dapat memiliki dampak yang besar pada permintaan produk. 
Preferensi konsumen (selera) untuk suatu produk berubah, kuantitas permintaan produk oleh konsumen juga berubah. Apabila produk menjadi kurang terkenal, permintaan untuk produk berkurang. Akibatnya surplus mungkin memaksa perusahaan menurunkan harganya untuk menjual apa yang telah mereka hasilkan. 

Dengan menyediakan layanan yang sesuai dengan preferensi konsumen, kepuasan konsumen akan meningkat. Menurut banyak penelitian yang dilakukan, kepuasan konsumen berpengaruh positif dengan loyalitas konsumen yang pada akhirnya akan berdampak pada terjadinya word of mouth advertising.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar